Cara Budidaya Cabe Dalam Pot / Polibag

Cara Budidaya cabe dalam pot. Budidaya cabe dalam polibag atau pot sebagai solusinya. Tanaman cabe yang tumbuh subur dalam pot bisa digunakan sebagai hiasan halaman atau teras rumah. Hal ini berlaku bagi anda yang tidak memiliki kebun yang luas, tapi memeliki hasrat menanam cabe untuk keperluan dapur sendiri. 


Cabai yang tumbuh subur secara organik bisa kita gunakan untuk keperluan memasak sendiri dan sisanya bisa kita bagi ke tetangga. Bahkan jika kita menanam sampai ratusan polibag  kita bisa menjual hasil panen kita. Jika kita menanam secara benar, produksi budidaya cabe organik dalam polibag tidak kalah dengan yang ditanam dilahan. Justru  menanam cabe organik dalam polibag atau pot lebih mudah pengelolaannya dalam hal pemupukan maupun pengendalian hama penyakit.
Hal-hal yang perlu kita persiapkan sebelum kita menanam cabe organik dalam pot/ polibag adalah:
  1. Polibag atau pot yang tidak terlalu kecil minimal diameter 25 cm, kalau cabe rawit harus lebih besar lagi lebih dari 35 cm
  2. Media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1
  3. Ember dan gayung/ gembor.
  4. Handsprayer
  5. Benih cabe
  6. Pestisida organik (beberapa telah maspary tulis pada artikel yang lalu)
  7. Pupuk organik cair  seperti Solbi agro, bisa juga kita gunakan MOL /mikroorganisme lokal. Juga telah maspary tulis beberapa jenis MOL dan fungsinya.
Cara Penanam cabe organik dalam pot/ polybag :
  1. Semai dulu biji cabe yang telah kita persiapkan. Benih cabe bisa kita beli di kios pertanian atau membuat sendiri dengan mensortir cabe yang bagus, kita ambil bijinya lalu kita kering anginkan. Penyemaian bisa kita lakukan di pot, polybag atau tempayan serta wadh yang lain.
  2. Sementara menunggu bibit cabe siap sebaiknya kita persiapkan media semai dalam polybag atau pot. Jangan lupa tanahnya kita campur dengan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu media kita siram dengan PGPR.
  3. Setelah berdaun lima (kira-kira umur 3-5 minggu) cabe kita tanam dalam media polybag atau pot yang telah kita persiapkan. 2-3 hari sebelum kita tanami bibit cabe media tanam dalam polybag sebaiknya kita siram dengan larutan MOL sampai basah
  4. Setelah kita tanam sebaiknya polybag/ pot kita letakkan di tempat yang teduh sampai kira-kira 1 minggu, baru kita tempatkan pada lokasi yang dapat cahaya penuh. Jangan letakkan tempat yang teduh terus, nanti tanaman cabe akan mengalami etiolase (panjang dan lemas tapi buah sedikit).
  5. Rawat tanaman cabe secara hati-hati, siram jika tanahnya kering dan minimal 1 minggu sekali kita siram dengan MOL dan kita semprot dengan pestisida nabati yang dengan mudah bisa kita buat sendiri.
  6. Buang tunas air/ tunas yang tumbuh di bawah cabang pertama.
  7. Amati adanya serangan hama dan penyakit, jika terjadi gejala serangan harus cepat kita atasi secara mekanik (kita ambil hama dan daun yang terserang tersebut, lalu kita pisahkan tanaman yang sehat dan yang sakit agar mudah dalam pengelolaan hama maupun penyakit). Jika musim kemarau sebaiknya sering disiram daunnya untuk mengurangi serangan kutu, sebaliknya jika musim hujan harus kita perjarang tanaman cabe kita agar tidak terlalu rimbun.
  8. Tunggu sampai tanaman cabe berbuah dan bisa kita petik serta kita nikmati pedasnya.

    Demikian adalah cara budidaya cabe dalam pot atau polibag. Daripada halaman didepan rumah nganggur, lebih baik manfaatkan dengan menanam cabe dengan media tanam pot

Share this :

Previous
Next Post »